Rekayasa Ide Perencanaan Pembelajaran - Guru Masa Depan

REKAYASA IDE

Judul

Guru Yang Mampu Membangkitkan Semangat Generasi Emas

Tema

Guru Masa Depan

PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah perencanaan pembelajaran

Dosen pengampu mata kuliah : Dr. DAULAT SARAGI, M.HUM

 


DISUSUN OLEH:

 

NAMA                        : M. AIDIL AMRI

NIM                            : 2183151018

KELAS                       : REGULER C

MATA KULIAH       : FILSAFAT PENDIDIKAN

 

PROGRA M STUDI S1PENDIDIKAN SENI RUPA – FBS,UNIVERSITAS NEGERI MEDAN, NOVEMBER, 2018

 

1.      LATAR BELAKANG

Guru dalam bahasa jawa adalah serang yang harus di gugu dan ditiru oleh semua murid dan bahkan masyarakat. Harus digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai suatu kebenaran oleh semua murid, sedangkan ditiru artinya seorang guru harus menjadi suri tauladan ( panutan) bagi semua muridnya. Secara tradisional guru adalah seorang yang beriri didepan kelas untuk menyampaikan ilmu pengetahuan. Guru sebagai pendidikan dan pengajar anak yang diibaratkan sebagai orang tua kedua yang mengajarkan berbagai macam hal yang baru dan sebagai fasilitator anak supaya dapat belajar dan mengembangkan potensi dasar secara optimal..

Guru mempunyai kedudukan terhormat dikalangan masyarakat. Guru yang dihormati oleh masyarakat dengan kepintaran dan kewibawaannya. Masyarakat percaya jika adanya guru akan dapat mendidik dan membentuk suatu kepribadian seorang anak didik mereka menjadi lebih baik, berintelektual yang tinggi,dan mempunyai nilai kognitif yang tinggi. Seorang guru mempunyai sifat yang khas juga untuk ditiru oleh khalayak dan kalangan masyarakat yaitu sifat ramah, sabar, dapat memberikan rasa aman dan nayaman, dan juga dapat menciptakan sautu kondisi yang stabil dan aman.

 Selain itu guru juga harus memberikan tugas pada muridnya demi mencapai tujuann dan mendorong siswanya untuik menyelesaikan tugasnya, menegur, memberi nilai dan mengkoreksi hasil tugas dari  siswanya.

Tugas guru merupakan suatu profesi, menurut kepada guru untuk mengembangkan profesionalitas diri sesuai perkembangan teknologi dan pengetahuan. Mendidik,mengajar,dan melatih anak didik adalah tugas guru sebagai profesi.

Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan terletak pada suatu tenaga pengajar yang tidak professional. Guru asa depan harus memiliki kemampuan untuk menembangkan suatu kemampuan para siswa melalui pemahaman, keaktifan, pembelajaran sesuai dengan kemajuan zaman deng mengembangkan keterampilan hidup siswa agar memiliki sikap kemandirian, adaptif,koperatif dalam menghadapi tantagan , tututan kehidupan sehari-hari.

2.      RUMUSAN MASALAH

a.       Apa saja alasan seseorang untuk menjadi seorang guru?

b.      Bagaimana cara menjadi guru yang menjadi panutan para murid?

c.       Bagaimana menjadikan cara guru untuk menjadikan generasi emas?

d.      Bagaimana cara guru menginspirasi para muridnya?

 

3.      PEMBAHASAN

a.       Setiap orang pasti memiliki cita-cita yang berbeda-beda pada dirinya, sebelum kita memilih cita-cita yang kita inginkan pastinya kita mempunyai alasan untuk memilih cita-cita tersebut,misalnya cita-cita seorag guru asti sebelumnya dia memiliki alasan muntuk menjadi seorang guru bukan? Lalu apa saja alasan mereka mengapa mereka ingin menjadi guru? Nah menurut saya mengapa alasan seseorang ingin menajdi guru adalah sebagai berikut:

1.      Menjadi orang yang berguna dan bermanfaat

Seorang guru mempunyai kedudukan yang bermartabat dimata masyarakat dan dimata murid-muridnya. Akan sebab itu guru akan selalu memberikan manfaat pada khalayak ramai (masyarakat)

2.      Membantu orang lain dalam menemukan cita-cita muridnya

Melalui pendidikan yang diberikan  dari seorang guru, orang yang dulunya juga diberi arahan untuk menentukan target hidupnya kini iya pula yang menjadi pemberi motivasi untuk membantu muridnya menggapai cita-citanya dengan ilmu-ilmu yang iya miliki untuk menentukan tujuan muridnya yang akan muridnya capai.

3.      Mengajar adalah suatu cara menuntut ilmu

Dalam hal ini seorang guru mengajar muridnya unntuk mengasah suatu ketajaman dari ilmu yang iya miliki unntuk memberikan yang terbaik pada muridnya, karena guru  tidak mengetahui semua hal dan ,terkadang guru juga belajar dari seorang muridnya.

4.      Ujung tombak pendidikan

Guru diibaratkan anak panah yang dilepaskan dan mengenai sasaran yang ditetapkan, maka seperti itualah guru yang menjadi ujung tombak dalam pendidikan. Tapa adanya seorang guru, beberapa desain pendidikan, kurikulum dan metode pembelajaran yang tellah berhasil dibuat akan berakhir tidak maksimal.

5.      Melatih diri menjadi penyabar dan peduli

Menjadi guru merupakan pekerjaan yang menuntut pelakunya untuk bisa menghilangkan sikap keras, cuek, acuh tak acuh, bayangkan saja ada begitu beragam karakter yang terkadang harus dihhadapi oleh guru seorang diri namun melalui proses tersebut guru menjadi penyabar dan perduli terhadap anak didiknya.

6.      Mendapat amal jariyah

Ada tiga amalan yang akann terus berjalan meskipun elah meninggal, yakni ilmu bermanfaat, anak soleh, dan uang yang disedekahkan dijalann ALLAH SWT. Salah satu dari amalan tersebut menjadi akivitas yang sudah lazim setiap guru lakuka yakni member ilmu yang bermanfaat, sehingga hal tersebut memberikan amal jariyah pada guru.

7.      Memotivasi diri untuk terus belajar

Guru harus tau banyak hal dan harus lebih tau ketimang siswanya, sehingga gruu harus terus mengupdate pengetahhuannya agar tidak ketinggal pemahaman dari siswa yang diajarkannya.

8.      Membuat diri selalu ceria dan bahagia

Guru pada sekolah dasar biasanya akan selalu mendapatkan semangat positif bagi anak-anak yang diajarnya pasal tingkah laku anak-anak yang terkadang konyol dan menghibur sehingga guru menjadi senang dan tertawa.

9.      Membangun peradaban

Seorang ilmuan bisa menciptakan beberapa penemuan namun seorang guru yang professional bisa melahirkan banyak ilmuan yang hebat, kemajuan suatu peradaban sangat dipengaruho oleh kualitas guru yang dimiliki.

10.  Pahlawan dengan jasa yang besar

Guru merupakan suatu pahlawan tanpa tanda jasa, istilah ini sebaiknya diubah karena jasa-jasa seorang guru sangat besar khususnya dalam mendidikan generasi emas yang akan kita hasilkan kelak.

 

b.      Guru merupakan seseorang yang digugu dan ditiru oleh muridnya,namun apa saja panutan yang harus dicontoh dari seorang guru terhadap muridnya?berikut ini adalah beberapa hal  yang harus dapat dipanut oleh murid terhadap gurunya:

1.      Sabar

Pengajar adalah suatu pekerjaan yang harus mempunyai kesabaran, karena seorang guru tidak hanya mengajar dengan 1 atau 2 orang murid, tetapi banyak sekali yang yang dhadapi namun tidak sedikit siswa yang usil terhadap gurunya, demikian guru harus saar menghadapinya

2.      Fokus

Guru harus fokus dalam memberikan pengajaran agar mudah dan semaksimal mungkin memberikan ilmu yang iya miliki.

3.      Sisipkan humor

Disni seorang guru harus multitalenta dengan memberikan suatu penjelasan sambil menghibur muridnya, yang akan memudahkan seorang murid untuk menerima penjelasan dari seorang guru

4.      Kreatif

Selain kognitif yang tinggi guru juga harus kreatif baik dalam menyelesaikan masalah yang dimiliki dari seorang murid, mapun dalam masalah dalam memberikan pengajaran, seperti memberikan alat bantu dari menerangkan suatu pembelajaran

5.      Pemberi informasi yang akurat

Member bimbingan kepada anak didik memiliki jiwa dan watak yang baik, membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana halal mana yang haram adalah tugas dari seorang guru.

6.      Dll.

Contoh diatas merupaka beberapa contoh teladan yang dapat diambil dari seorang guru karena memang seorang guru harus memiliki dan tidak sedikit guru yang mengajar sambil menghibur muridnya,agar muridnya menyukai seorang guru dan memahami apa yang telah diajarkan dari seorang guru tersebut.karena jika murid tersebut menyukai guru tersebut maka pembelajaran yang diberikan seorang guru tersebut akan mudah dimengerti dari seorang murid.

 

c.       Bagaimana menjadikan murid menjadi generasi emas 2045 yang akan datang?

 Semua itu bermula dari guru. Bermula dari cara seorang guru mengajar, memberikan informai kepada murid,dan membentuk karakter murid yang ingin terus belajar, belajar dan belajar. Sebelumnya yang kita ketahui bahwa generasi emas meruapakan hasil pembelajaran yang akan ditui siswa pada tahun 2045 kelak.salah satu cara pemerintah untuk membentuk suatu karakteristik dai seorang siswa dengan membentuk suatu kurikulum, dan kurikulum yang sangat berpengaruh dalam generasi emas adalah K13. K13  dalam membentuk siswanya memiliki kemampuan analisis,berifikir kreatif, reflektif, dan aktif. K13 tidak hanya mementingkan suatu akademis dari ssiswa namun adanya kebijakan ini dikarenakan dunia ini dihadapkan dengan krisis orang yang memiliki karakter yang berbudi pekerti baik yang membuat kejahatan menjadi merajalela dimana-mana. Lulusan pada kurikulum ini dibentuk juga untuk berfikir kritis,memecahkan masalah,inovatif,dan menjadi eunterprenur yang siap bersaing dalam kehidupan luar

Insprirasi adalah segala sesuatu yang dapat mendorong dan merangsang pikiran untuk memunculkan ide maupun melakukan tindakan setelah melihat atau mempelajari sesuatu yang ada disekitar. Inspirasi juga bisa dimaknaidengan gagasan kreatif yang muncul dari dalam diri setelah ada rangsangan dari luar. Maka dari itu, guru harus bisa menjadi perangsang bagi siswanya, untuk memberi inspiras demi inspirasi agar anak senantiasa dapat terdorong untuk memunculkan ide,gagasan,pemikiran,tindakan,nilai,hingga kreafitasnya yang kreatif. Kebanyakan murid menginspirasi (1)dari karakter guru tersebut yang sebagaimana guru itu dalam filsafat jawa yang dimaknai sebagai “digugu dan ditiru. Hal tersebut benar-benar mengimplementasi guru didean siswa nya harus bisa menunjukan berbagai aspek yang bisa menjadi tauladan bagi siswanya. (2) menginspirasi dalam belajar. Yang dimana dalam proses kegiatan pembelajaran guru bbagaikan nahkoda yang mengontrol laju proses pembelajaran dikelas. Dalam proses pembelajaran ini, guru dituntut untuk bisa merencanakan,merancang hingga melaksankan pendekatan/model pembelajaran menggunakan metode hingga media pembelajaran yang tepat. (3)menginspirasi dalam berkarya dan berkreasi. Salah satu indicator pribadi unggulan era digital ini.seperti cara  mengajar guru yang kreatif bagaimana cara guru menjelaskan suatu masalah dengan menggunakan alat seadanya. (4) menginspirasi dalam memecahkan masalah. Daam kehidupan sehari-hari kita pasti memiliki masalah, baik maslaah kecil ataupun masalah besar. Guru sebagai orang tua kedua bisa membekali siswanya tentang cara yang baik dalamm memecahkan masalahnya.

 

4.      KESIMPULAN

Jadi guru masa depan adalah guru yang bertindak sebagai fasilitator, pelindung,pembimbing, dan punya figure yang baik (disiplin, loyal,dan bertanggung jawab,kreaktif,melayani sesuai dengan visi,misi yang diinginkan sekolah), termotivasi menyediakan pengalaman belajar bermakna untuk mengalami perubahan belajar berdasarkan keterampilan yang dimiliki siswa dengan terfokus menjadikan kelas yang kondusif secara intelek fisik dan sosial dalam belajar,menguasai materi, teknologi dan kelas. Selai itu guru masa depan juga harus memiliki keterampilan dasar dalam pembelajaran, kualifikasi keilmuan yang yang optimal, dan performance didalam kelas maupun luar kelas tidak diragukan lagi.

 

 

5.      DAFTAR PUSTAKA

file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/2553-5451-1-SM.pdf

https://www.rijal09.com/2017/10/10-alasan-memilih-menjadi-guru.html

https://makassareducationcenter.wordpress.com/2013/05/22/5-pegangan-untuk-menjadi-guru-teladan-terhadap-muridnya/

https://gurudigital.id/menjadi-guru-inspiratif-karena-guru-adalah-inspirasi/

http://e-learningmedsos.blogspot.com/2016/01/makalah-peran-guru-di-masa-depan-e.html

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Metafora dan Metonimi Karya Claude Monet

Critical Book Report Kriya Keramik