Rekayasa Ide Perencanaan Pembelajaran - Guru Masa Depan
REKAYASA IDE
Judul
Guru Yang Mampu Membangkitkan Semangat Generasi Emas
Tema
Guru Masa Depan
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah perencanaan
pembelajaran
Dosen pengampu mata kuliah : Dr. DAULAT SARAGI,
M.HUM
DISUSUN OLEH:
NAMA :
M. AIDIL AMRI
NIM :
2183151018
KELAS :
REGULER C
MATA KULIAH :
FILSAFAT PENDIDIKAN
PROGRA M STUDI S1PENDIDIKAN SENI RUPA –
FBS,UNIVERSITAS NEGERI MEDAN, NOVEMBER, 2018
1. LATAR
BELAKANG
Guru dalam bahasa jawa
adalah serang yang harus di gugu dan ditiru oleh semua murid dan bahkan
masyarakat. Harus digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya
senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai suatu kebenaran oleh semua murid,
sedangkan ditiru artinya seorang guru harus menjadi suri tauladan ( panutan)
bagi semua muridnya. Secara tradisional guru adalah seorang yang beriri didepan
kelas untuk menyampaikan ilmu pengetahuan. Guru sebagai pendidikan dan pengajar
anak yang diibaratkan sebagai orang tua kedua yang mengajarkan berbagai macam
hal yang baru dan sebagai fasilitator anak supaya dapat belajar dan
mengembangkan potensi dasar secara optimal..
Guru
mempunyai kedudukan terhormat dikalangan masyarakat. Guru yang dihormati oleh
masyarakat dengan kepintaran dan kewibawaannya. Masyarakat percaya jika adanya
guru akan dapat mendidik dan membentuk suatu kepribadian seorang anak didik
mereka menjadi lebih baik, berintelektual yang tinggi,dan mempunyai nilai
kognitif yang tinggi. Seorang guru mempunyai sifat yang khas juga untuk ditiru
oleh khalayak dan kalangan masyarakat yaitu sifat ramah, sabar, dapat
memberikan rasa aman dan nayaman, dan juga dapat menciptakan sautu kondisi yang
stabil dan aman.
Selain itu guru juga harus memberikan tugas
pada muridnya demi mencapai tujuann dan mendorong siswanya untuik menyelesaikan
tugasnya, menegur, memberi nilai dan mengkoreksi hasil tugas dari siswanya.
Tugas
guru merupakan suatu profesi, menurut kepada guru untuk mengembangkan
profesionalitas diri sesuai perkembangan teknologi dan pengetahuan.
Mendidik,mengajar,dan melatih anak didik adalah tugas guru sebagai profesi.
Salah
satu penyebab rendahnya mutu pendidikan terletak pada suatu tenaga pengajar
yang tidak professional. Guru asa depan harus memiliki kemampuan untuk
menembangkan suatu kemampuan para siswa melalui pemahaman, keaktifan,
pembelajaran sesuai dengan kemajuan zaman deng mengembangkan keterampilan hidup
siswa agar memiliki sikap kemandirian, adaptif,koperatif dalam menghadapi
tantagan , tututan kehidupan sehari-hari.
2.
RUMUSAN MASALAH
a.
Apa saja alasan seseorang untuk menjadi
seorang guru?
b.
Bagaimana cara menjadi guru yang menjadi
panutan para murid?
c.
Bagaimana menjadikan cara guru untuk
menjadikan generasi emas?
d.
Bagaimana cara guru menginspirasi para
muridnya?
3.
PEMBAHASAN
a.
Setiap orang pasti memiliki cita-cita
yang berbeda-beda pada dirinya, sebelum kita memilih cita-cita yang kita
inginkan pastinya kita mempunyai alasan untuk memilih cita-cita
tersebut,misalnya cita-cita seorag guru asti sebelumnya dia memiliki alasan
muntuk menjadi seorang guru bukan? Lalu apa saja alasan mereka mengapa mereka
ingin menjadi guru? Nah menurut saya mengapa alasan seseorang ingin menajdi
guru adalah sebagai berikut:
1.
Menjadi orang yang berguna dan
bermanfaat
Seorang
guru mempunyai kedudukan yang bermartabat dimata masyarakat dan dimata
murid-muridnya. Akan sebab itu guru akan selalu memberikan manfaat pada
khalayak ramai (masyarakat)
2.
Membantu orang lain dalam menemukan
cita-cita muridnya
Melalui
pendidikan yang diberikan dari seorang
guru, orang yang dulunya juga diberi arahan untuk menentukan target hidupnya
kini iya pula yang menjadi pemberi motivasi untuk membantu muridnya menggapai
cita-citanya dengan ilmu-ilmu yang iya miliki untuk menentukan tujuan muridnya
yang akan muridnya capai.
3.
Mengajar adalah suatu cara menuntut ilmu
Dalam
hal ini seorang guru mengajar muridnya unntuk mengasah suatu ketajaman dari
ilmu yang iya miliki unntuk memberikan yang terbaik pada muridnya, karena
guru tidak mengetahui semua hal dan
,terkadang guru juga belajar dari seorang muridnya.
4.
Ujung tombak pendidikan
Guru
diibaratkan anak panah yang dilepaskan dan mengenai sasaran yang ditetapkan,
maka seperti itualah guru yang menjadi ujung tombak dalam pendidikan. Tapa
adanya seorang guru, beberapa desain pendidikan, kurikulum dan metode
pembelajaran yang tellah berhasil dibuat akan berakhir tidak maksimal.
5.
Melatih diri menjadi penyabar dan peduli
Menjadi
guru merupakan pekerjaan yang menuntut pelakunya untuk bisa menghilangkan sikap
keras, cuek, acuh tak acuh, bayangkan saja ada begitu beragam karakter yang
terkadang harus dihhadapi oleh guru seorang diri namun melalui proses tersebut
guru menjadi penyabar dan perduli terhadap anak didiknya.
6.
Mendapat amal jariyah
Ada
tiga amalan yang akann terus berjalan meskipun elah meninggal, yakni ilmu
bermanfaat, anak soleh, dan uang yang disedekahkan dijalann ALLAH SWT. Salah
satu dari amalan tersebut menjadi akivitas yang sudah lazim setiap guru lakuka
yakni member ilmu yang bermanfaat, sehingga hal tersebut memberikan amal
jariyah pada guru.
7.
Memotivasi diri untuk terus belajar
Guru
harus tau banyak hal dan harus lebih tau ketimang siswanya, sehingga gruu harus
terus mengupdate pengetahhuannya agar tidak ketinggal pemahaman dari siswa yang
diajarkannya.
8.
Membuat diri selalu ceria dan bahagia
Guru
pada sekolah dasar biasanya akan selalu mendapatkan semangat positif bagi
anak-anak yang diajarnya pasal tingkah laku anak-anak yang terkadang konyol dan
menghibur sehingga guru menjadi senang dan tertawa.
9.
Membangun peradaban
Seorang
ilmuan bisa menciptakan beberapa penemuan namun seorang guru yang professional
bisa melahirkan banyak ilmuan yang hebat, kemajuan suatu peradaban sangat
dipengaruho oleh kualitas guru yang dimiliki.
10.
Pahlawan dengan jasa yang besar
Guru
merupakan suatu pahlawan tanpa tanda jasa, istilah ini sebaiknya diubah karena
jasa-jasa seorang guru sangat besar khususnya dalam mendidikan generasi emas
yang akan kita hasilkan kelak.
b.
Guru merupakan seseorang yang digugu dan
ditiru oleh muridnya,namun apa saja panutan yang harus dicontoh dari seorang
guru terhadap muridnya?berikut ini adalah beberapa hal yang harus dapat dipanut oleh murid terhadap
gurunya:
1. Sabar
Pengajar adalah suatu pekerjaan yang
harus mempunyai kesabaran, karena seorang guru tidak hanya mengajar dengan 1
atau 2 orang murid, tetapi banyak sekali yang yang dhadapi namun tidak sedikit
siswa yang usil terhadap gurunya, demikian guru harus saar menghadapinya
2. Fokus
Guru harus fokus dalam memberikan
pengajaran agar mudah dan semaksimal mungkin memberikan ilmu yang iya miliki.
3. Sisipkan
humor
Disni seorang guru harus multitalenta
dengan memberikan suatu penjelasan sambil menghibur muridnya, yang akan
memudahkan seorang murid untuk menerima penjelasan dari seorang guru
4. Kreatif
Selain kognitif yang tinggi guru juga
harus kreatif baik dalam menyelesaikan masalah yang dimiliki dari seorang
murid, mapun dalam masalah dalam memberikan pengajaran, seperti memberikan alat
bantu dari menerangkan suatu pembelajaran
5. Pemberi
informasi yang akurat
Member bimbingan kepada anak didik
memiliki jiwa dan watak yang baik, membedakan mana yang baik dan mana yang
buruk, mana halal mana yang haram adalah tugas dari seorang guru.
6. Dll.
Contoh diatas merupaka
beberapa contoh teladan yang dapat diambil dari seorang guru karena memang
seorang guru harus memiliki dan tidak sedikit guru yang mengajar sambil
menghibur muridnya,agar muridnya menyukai seorang guru dan memahami apa yang
telah diajarkan dari seorang guru tersebut.karena jika murid tersebut menyukai
guru tersebut maka pembelajaran yang diberikan seorang guru tersebut akan mudah
dimengerti dari seorang murid.
c.
Bagaimana menjadikan murid menjadi
generasi emas 2045 yang akan datang?
Semua itu bermula dari guru. Bermula dari cara
seorang guru mengajar, memberikan informai kepada murid,dan membentuk karakter
murid yang ingin terus belajar, belajar dan belajar. Sebelumnya yang kita
ketahui bahwa generasi emas meruapakan hasil pembelajaran yang akan ditui siswa
pada tahun 2045 kelak.salah satu cara pemerintah untuk membentuk suatu
karakteristik dai seorang siswa dengan membentuk suatu kurikulum, dan kurikulum
yang sangat berpengaruh dalam generasi emas adalah K13. K13 dalam membentuk siswanya memiliki kemampuan
analisis,berifikir kreatif, reflektif, dan aktif. K13 tidak hanya mementingkan
suatu akademis dari ssiswa namun adanya kebijakan ini dikarenakan dunia ini
dihadapkan dengan krisis orang yang memiliki karakter yang berbudi pekerti baik
yang membuat kejahatan menjadi merajalela dimana-mana. Lulusan pada kurikulum
ini dibentuk juga untuk berfikir kritis,memecahkan masalah,inovatif,dan menjadi
eunterprenur yang siap bersaing dalam kehidupan luar
Insprirasi
adalah segala sesuatu yang dapat mendorong dan merangsang pikiran untuk
memunculkan ide maupun melakukan tindakan setelah melihat atau mempelajari
sesuatu yang ada disekitar. Inspirasi juga bisa dimaknaidengan gagasan kreatif
yang muncul dari dalam diri setelah ada rangsangan dari luar. Maka dari itu,
guru harus bisa menjadi perangsang bagi siswanya, untuk memberi inspiras demi
inspirasi agar anak senantiasa dapat terdorong untuk memunculkan
ide,gagasan,pemikiran,tindakan,nilai,hingga kreafitasnya yang kreatif. Kebanyakan
murid menginspirasi (1)dari karakter guru tersebut yang sebagaimana guru itu
dalam filsafat jawa yang dimaknai sebagai “digugu dan ditiru. Hal tersebut
benar-benar mengimplementasi guru didean siswa nya harus bisa menunjukan
berbagai aspek yang bisa menjadi tauladan bagi siswanya. (2) menginspirasi
dalam belajar. Yang dimana dalam proses kegiatan pembelajaran guru bbagaikan
nahkoda yang mengontrol laju proses pembelajaran dikelas. Dalam proses
pembelajaran ini, guru dituntut untuk bisa merencanakan,merancang hingga
melaksankan pendekatan/model pembelajaran menggunakan metode hingga media
pembelajaran yang tepat. (3)menginspirasi dalam berkarya dan berkreasi. Salah
satu indicator pribadi unggulan era digital ini.seperti cara mengajar guru yang kreatif bagaimana cara
guru menjelaskan suatu masalah dengan menggunakan alat seadanya. (4)
menginspirasi dalam memecahkan masalah. Daam kehidupan sehari-hari kita pasti
memiliki masalah, baik maslaah kecil ataupun masalah besar. Guru sebagai orang
tua kedua bisa membekali siswanya tentang cara yang baik dalamm memecahkan
masalahnya.
4.
KESIMPULAN
Jadi
guru masa depan adalah guru yang bertindak sebagai fasilitator,
pelindung,pembimbing, dan punya figure yang baik (disiplin, loyal,dan
bertanggung jawab,kreaktif,melayani sesuai dengan visi,misi yang diinginkan
sekolah), termotivasi menyediakan pengalaman belajar bermakna untuk mengalami
perubahan belajar berdasarkan keterampilan yang dimiliki siswa dengan terfokus
menjadikan kelas yang kondusif secara intelek fisik dan sosial dalam
belajar,menguasai materi, teknologi dan kelas. Selai itu guru masa depan juga
harus memiliki keterampilan dasar dalam pembelajaran, kualifikasi keilmuan yang
yang optimal, dan performance didalam kelas maupun luar kelas tidak diragukan
lagi.
5.
DAFTAR PUSTAKA
file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/2553-5451-1-SM.pdf
https://www.rijal09.com/2017/10/10-alasan-memilih-menjadi-guru.html
https://gurudigital.id/menjadi-guru-inspiratif-karena-guru-adalah-inspirasi/
http://e-learningmedsos.blogspot.com/2016/01/makalah-peran-guru-di-masa-depan-e.html
Komentar
Posting Komentar